Cara Menggambar Kunci Animasi

Halo! Kali ini kita mau membahas tentang Cara Menggambar Kunci Animasi, Apa itu animasi?

Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.



Ini adalah contoh gambar animasi


Apabila kita perhatikan penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.
Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.

Dalam bidang grafika pemodelan visual dapat dikategorikan sebagai dua kelompok yaitu pemodelan geometrik dan pemodelan penampilan (appearance). Pemodelan geometrik merupakan representasi dari bentuk objek yang ingin ditampilkan sedangkan pemodelan penampilan membuat representasi sifat visual atau penampakan objek tersebut. Contoh sifat visual diantaranya warna dan tekstur. Berdasarkan definisi animasi di atas bahwa sebuah animasi disusun oleh himpunan gambar yang ditampilkan secara berurut maka animasi dapat dikatakan sebuah fungsi terhadap waktu. Gambar dapat didefinisikan sebagai koleksi deskripsi geometris dan visual ataupun dapat berupa citra. Pada gambar yang merupakan koleksi deskripsi, maka animasi didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada perubahan parameter-parameter dari deskripsi. Pada gambar yang merupakan citra, animasi didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada tiap elemen citra.


Contoh software macromedia flash



Animasi Flash

Ada 2 cara untuk membuat animasi di dalam Flash, animasi frame by frame dan animasi tweening. Pada animasi frame-by-frame, Anda akan membuat gambar pada setiap frame. Pada animasi tweening, Anda hanya membuat frame awal dan frame akhir, sedang Flash akan membuat frame diantaranya (in between). Animasi tween merupakan cara yang baik untuk membuat gerakan dan perubahan dalam movie dengan file yang relatif kecil.


Contoh animasi frame by frame


Animasi Frame by Frame

Animasi Frame by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam (still image) frame demi frame-nya.
Pada materi ini Anda akan mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak melintas pada Stage, merubah ukuran, memutar, mengganti warna dan mengubah bentuk. Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi, diantaranya adalah :
1. Frame dapat diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak .
2. Keyframe adalah frame dimana Anda menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi tween, Anda membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.
3. BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
Macam-macan Animasi adalah:

1. Motion Path

Anda dapat menggunakan motion path untuk membuat symbol bergerak mengikuti bentuk lintasan yang sulit. Dengan menggunakan layer Motion Guide untuk membuat garis untuk lintasan gerak objek. Layer Guide ditandai oleh ikon guide disebelah nama layer.

2. Animasi Margue

Animasi margue banyak dilihat pada situs web, yaitu suatu teks yang muncul dari bagian kanan layar, lalu begerak menuju ke kiri layar dan menghilang, begitu seterusnya.

3. Animasi Transparan

Animasi transparan adalah animasi yang terlihat secara transparan perlahan-lahan lalu menghilang. Animasi ini sering digunakan dalam melakukan pergantian animasi dari satu animasi ke animasi lainnya, sehingga perpindahan animasi akan terlihat halus.

4. Animasi Fade

Animasi fade adalah animasi pemudaran. fade dibagi menjadi 2, yaitu fade in (pemudaran ke dalam) dan fade out (pemudaran keluar).

5. Animasi Rotasi

Animasi rotasi adalah animasi objek atau teks yang berputar, seperti jam, kincir angin, putaran roda, dan lain-lain. Kita bisa memutarnya searah jarum jam (CW : Clock Wise) atau berlawanan dengan arah jarum jam (CCW : Counter Clock Wise).

6. Animasi Blink

Blink adalah animasi berkedip atau berkelip, seperti bintang di langit atau lampu disco, animasi blink biasanya sangat efektif untuk menarik perhatian, sehingga banyak digunakan untuk membuat banner.

7. Animasi Shape

Animasi ini adalah perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya. Animasi ini juga sering disebut efek Morph.

8. Animasi Masking

Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutu
menguasai cara menggambar kunci animasi

Cara membuat file flash
1. Buat gambar kunci yang akan di animasikan.
2. Scann gambar kunci tersebut import melalui photoshop,ubah format fotonya menjadi format gambar,lalu simpan hasil scann tersebut.;
3. Buka adobe flash,buka lembar baru lalu Ctrl+R untuk mengimport gambar,lalu klik Modify pilih bitmap lalu trace bitmap lalu seleksi gambar lalu ubah ukuran gambar lalu di animasikan untuk melihat hasilnya tekan Crtl+enter
4. Simpan file tersebut.

Memasukan flash ke dreamweaver
1. Buka adobe dreamweaver
2. Cara memasukan flash ke dalam dreamweaver :
Pilih atau klik di tempat yg biasanya di gunakan untuk meletakan image untuk meletakan flash
Klik common lalu klik icon flash pada deretan common atau di sebelah kanan image
Pilih file flash yang akan dimasukan ke dalam dreamweaver
Lalu tekan F12 untuk preview hasilnya.

Menguasai Cara Menggambar Kunci Animasi

ANIMASI
- PENGERTIAN ANIMASI
ANIMASI berasal dari bahasa inggris ANIMATE= menghidupkan,member jiwa dan mengerakkan benda mati
ANIMASI merupakan proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati secara berurutan dalam posisi yang berbeda seolah-olah hidup
Ditemukannya prinsip dasar animasi adalah dari karakter mata manusia yaitu : persistence of vision (pola penglihatan yang teratur)
Paul roget,joseph plateau dan pierre desvigenes, melalui peralatan optik yang mereka ciptakan,berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu waktu sebagai suatu pola
Animasi dulunya sangat sederhana,namun sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis,yaitu :
-Animasi dua dimensi (2D)
-Animasi tiga dimensi (3D)
-Animasi clay

Animasi (2D),atau yang biasa disebut film kartu. Kartu sendiri berasal dari kata cartoon, artinya gambar yang lucu. Memang film kartun ini kebanyakan film yang lucu misalnya Looney Tunes Scooby Doo,Doraemon legenda,Raja Matahari,The Lion King, Brother Bear.

ANIMASI 3D

Finding nemo, inilah contoh film animasi yang disebut animasi 3D atau computer generated image (CGI). CGI menghasilkan film animasi yang gambarnya benar-benar hidup dan tiga dimensi, tak sekedar datar. Salah satu studio CGI yang terbesar adalah yang berlokasi di Emeryville, California. Selain finding nemo,pixar juga memproduksi Monster.inc,Toy Story,Toy Story 2, dan A Bugs life, Toy Story ini merupakan film animasi panjang pertama yang menggunakan 100 persen animasi computer.

ANIMASI CLAY

Film animasi clay pertama diliris bulan februari 1908 berjudul A sculptor’s Welsh Rarebit Nightmare. Kalau masih susah mambayangkan seperti apa animasi clay ini, tonton saja film Bob the Builder di tv, Wallace and Gromit, atau chiken run. Tokoh-tokoh dalam animasi clay dibuat dengan tangan, lalu kerangka tubuhnya. Kemudian, kerangka ini di tutup dengan plastisin sesuai bentuk tokoh yang ingin di buat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti kepala,tangan, kaki, bisa di lepas dan di pasang lagi. Pada tahun 1955, penayangan film Si Doel memilih karya dukut Hendro-noto yang telah menancapkan tonggak, kemudian baru dimulailah sejarah animasi modern Indonesia. Pertama kali animasi Indonesia dipresentasikan dunia luar adalah saat Dwi Koendoro diundang-undang untuk mengikuti festival Animasi Internasional di Hiroshima pada tahun 1994. Adapun beberapa pameran atau festival animasi yang pernah diadakan di Indonesia.

Sekian dulu untuk bahasan tentang Cara Menggambar Kunci Animasi pada artikel ini, semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments