Konsep MVC

Halo guys! Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat suatu program di Netbeans. Sebelumnya, mari kita kenali dahulu konsep dari MVC, apa sih MVC itu?



MVC adalah arsitektur aplikasi yang memisahkan kode-kode aplikasi dalam tiga lapisan, yaitu :

1.View sebagai interface yang berinteraksi langsung dengan user, view menampilkan informasi ke user
2.Controller bertugas untuk memproses data dan hasilnya akan dikirim ke view
3.Model sebagai sumber data, bagaimana mengelola data seperti cari, filtering, insert, update dan delete
4.Di Java sering di sebut juga MVC



5. MVC termasuk dalam arsitektural design pattern yang menghendaki organisasi kode yang terstruktur dan tidak bercampur aduk. Ketika aplikasi sudah sangat besar dan menangani struktur data yang kompleks, harus ada pemisahan yang jelas antara domain model, komponen view dan kontroler yang mengatur penampilan model dalam view.
6. Atau dengan kata lain, MVC merupakan sebuah konsep dalam membangun sebuah aplikasi dengan memisahkan antara data dari tampilan dengan aksi dari pemrosesannya.
7. Arsitektur MVC ini memungkinkan adanya perubahan dalam domain model tanpa harus mengubah code untuk menampilkan domain model tersebut.  Hal ini sangat bermanfaat ketika aplikasi mempunyai domain model dan view komponen sangat besar dan kompleks.

Arsitektur

Class diagram




Sebelum kita beranjak ke program, mari kita siapkan dulu hal-hal yang di perlukan seperti:
- Jdk >> 1.8 (sesuaikan dengan OS komputer)
- Netbeans >> 8.0-windows (Editor GUI)
- Ireport >> 4.0.2-windows (Cetakan)
- MySQL (Database)
- MySQL-Front (Editor MySQL)

Sekarang, mari kita buka dulu Netbeansnya, lalu kita buat project baru dengan memilih New Project, lalu pilih Categories : Java dan Projectsnya : Java Class Library






Lalu kita beri nama “latihan” kemudian klik finish



Kita buat dahulu Packagenya dengan cara klik kanan di Source Package, kemudian pilih Java Package dan beri nama latihan




Kemudian kita buat package baru dengan cara klik kanan di Package latihan, kemudian pilih Java Class dan beri nama frmMhs. Class ini yang kita sebut sebagai View




Coding frmMhs



Setiap akan membuat class baru, lakukan seperti  langkah ke 3. Dan perlu di perhatikan juga disetiap kita mengetik program ini jangan sampai ada yang terlewat, karena salah satu titik, koma, kurawal saja maka program akan error, dan juga jangan lupa bahwa Java itu Case Sentive.


Kemudian kita buat package baru untuk Control, lalu pilih Java Class dan beri nama ctrMhs.





Coding ctrMhs




Terakhir kita buat package baru untuk Model, lalu pilih Java Class dan beri nama Mhs.





Coding Mhs




Setelah kita semua di ketik dengan benar, sekarang mari kita coba untuk run program yang kita buat tadi dengan cara kil tombol segitiga hijau yang seperti tombol play di bar atas, kalua berhasil maka akan ada tulisan BUILD SUCCESSFUL. Kalau kamu berhasil, maka selamat kamu telah menyelesaikan satu program!





Mungkin itu saja yang bisa kita berikan untuk postingan kali ini, bila ada kekurangan mohon jangan segan-segan untuk memberikan komentarnya. Semoga bermanfaat, terimakasih


Post a Comment

0 Comments