Apa Itu NFC?

 Apa Itu NFC?


Halo! Pada artikel kali ini kita bakalan membahas Apa itu NFC?. Tapi sebelumnya, mari kita bahas dulu pengertian NFC itu sendiri.

NFC atau Near Field Communication adalah sebuah alat komunikasi antara dua perangkat secara nirkabel dengan cara mendekatkan dua perangkat dengan jarak beberapa sentimeter saja atau benar-benar menempel satu sama lain.

Jadi NFC itu sebenarnya sama aja seperti WiFi, Bluetooth, tapi perlu di garis bawahi persamaan ini bukan berarti sama sekali tidak berbeda, persamaannya disini itu sama-sama nirkabel tetapi mempunyai jarak transfer data yang sangat signifikan. Misalnya, Bluetooh mempunyai jarak transfer data maksimum kurang lebih sekitar 5 meter sebelum terputus, WiFi mempunyai jarak maksimum 30 meter, tetapi NFC mempunyai jarak jangkauan yang sangat dekat dan bahkan harus menempel satu sama lain untuk bisa mentransfer data.

Kalau kita lihat dari namanya aja kan udah Near Field Communication yang berarti bidang/alat komunikasi jarak dekat yang berarti tidak bisa mentransfer data lebih dari jarak yang di tentukan, bahkan dalam beberapa kasus NFC sering kali gagal membaca data dikarenakan jarak atapun NFCnya tidak berada tepat diatas yang lainnya. Teknologi NFC pada saat ini sering kali di pakai karena memang lebih mudah, tidak perlu pairing device, tidak perlu password, transfer data bisa di lakukan dengan cara tinggal tempel dan tanpa perlu ribet.

Tetapi ya tetap aja ada kurangnya, gerakan sedikit aja bisa membuat NFC gagal tranfer data karena tidak boleh melenceng sama sekali, sama sih sebenarnya seperti infrared di jaman dulu yang kalau melenceng langsung gaal, tapi soal kecepatan transfer data-data besar, WiFi dan Bluetooth tetap jadi juara.


Cara Kerja NFC

Seperti yang kita tahu kalau WiFi, Bluetooh bekerja dengan prinsip pengiriman data melalui gelombang radio, teknologi yang digunakan NFC didasari pada RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan induksi elektomagnetik untuk mengirimkan informasi. Frekuensi yang digunakan NFC untuk mengirim data itu 13,56 MHz dan data dapat dikirim dengan kecepatan 106, 212, atau 424 kbps. NFC menginduksikan arus listrik kepada komponen NFC pasif seperti pada kartu atau stiker yang tidak memiliki daya sendiri sehingga komponen NFC pasif dapat bekerja. Inilah yang menjadi perbedaan antara Bluetooth dan WiFi

Contoh Penerapan NFC

Selain di handphone, ternyata masih banyak loh alat-alat di sekitar kita yang menggunakan teknologi ini dan mungkin selama ini kita gak sadar kalo banyak yang pakai teknologi NFC, apa aja sih? langsung nih kita bahas.


1. E-Toll Card

E-Toll Card yang selama ini kita pakai juga sebenarnya pakai teknologi NFC, tetapi kartu yang kita pakai itu NFC pasif sedangkan NFC reader atau NFC aktif berada pada gerbang tol. Teknologi ini cukup membantu kecepatan dalam bertransaksi dan dinilai sangat efisien untuk mengurangi kemacetan dan ditambah lagi sekarang ada beberapa bank yang bisa membuat kita mengisi langsung saldo dari handphone dan pastinya melalui aplikasi resmi mereka. 

Sebenarnya RFID pada kartu debit sudah lama beredar, bahkan kalau tidak salah dulu itu hanya kartu kredit saja yang menggunakan sistem ini hingga akhirnya salah satu bank mengeluarkan kartu dengan teknologi NFC untuk kecepatan transaksi dan akhirnya di maksimalkan oleh pemerintah. Tetapi bukan tidak ada kekurangan sama sekali, tentunya adajuga kekurangannya yaitu saldo di kartu tidak bisa kita tarik kecuali kita habiskan untuk transaksi.


 E-Toll Card


Baca juga : Dampak Komputerisasi Pada Pekerja

2. Kartu Kamar Hotel

Di hotel atau di apartemen sekarang banyak yang menggunakan teknologi NFC, kartu yang kita pakai itu sama halnya seperti E-Toll card tadi yaitu sebagai NFC pasif, dan pembaca kartu atau NFC aktif berada di dekat pintu. Teknologi ini juga mempunya kekurangan yaitu kalau kartu hilang, maka kita gak bisa masuk terkecuali kalau pihak hotel/apartemen punya kartu cadangannya. Umumnya sih pasti ada kartu cadangan karena biasanya pegawai akan masuk buat bersih-bersih di kamar.


Contoh NFC







3. Kartu Rumah Sakit

Di beberapa Rumah Sakit juga ada yang sudah memakai teknologi NFC sebagai kartu anggota keluarga yang sedang sakit ataupun karyawannya. NFC ini dimaksudkan agar tidak ada orang-orang yang tak di inginkan memasuki kamar pasien yang sedang sakit dan terbukti kalau rumah sakit ini bisa mencegah hal itu, tetapi saya menemukan kelemahannya disini yaitu pintu tidak langsung tertutup dan saya pernah masuk tanpa kartu setelah perawat keluar karena saya telepon orang di dalam tidak diangkat, jadi saya mecari-cari kesempatan masuk deh hehe.

Contoh NFC


4. Speaker atau media player

Tenologi NFC juga merambah ke media pemutar lagu dan belakangan ini menjadi trending karena kemudahannya untuk mengkoneksikan antara Hp dan Speaker. Produk-produk ini antaralain JBL Flip 2, Harman Kardon Onyx, Sony SRS-X11 dan lain sebagainya.


 Contoh NFC



5. Telkomsel T-Cash

Apa kalian salah satu yang sering menggunakan ini untuk bertransaksi? Ya alat pembayaran ini juga menggunakan teknologi NFC untuk metode pembayarannya, dan Salah satu provider dari Indonesia ini juga menyediakan aplikasi untuk mengisi ulang asldo T-Cash kita, sangat mudah bukan?.


 Contoh NFC

6.Kamera

Kamera juga sekarang banyak yang udah memakai teknologi ini, bukan hanya kamera pocket, tapi juga kamera DSLR banyak yang sudak menanamkan teknologi NFC pada sistem pengiriman data mereka. Karena sebagus-bagunya hasil tangkapan dari kamera kita pasti ujung-ujungnya juga bakalan di share ke social media kan?.




Jadi itu tadi pembahasan kita tentang Apa itu NFC?, semua kemudahan telah kita dapatkan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan pastinya masih ada lagi nanti kedepannya teknologi-teknologi yang belum di ciptakan dan belum pernah ada. Dan pertannyaannya, akankah kalian yang menjadi salah satu inventor teknologi tersebut? Ataukah kita yang hanya akan menjadi pengikut?. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dan semoga kalian juga kan terinspirasi untuk membuat suatu inovasi baru dan membuat Indonesia lebih maju lagi.



Post a Comment

0 Comments